Total Tayangan Laman

Senin, 05 Maret 2012

Kitab Insan Kamil

Kitab Insan Kamil - Sheikh Abdul Karim al Jili

Kitab Insan Kamil - Sheikh Abdul Karim al Jili
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarkatuh

Seorang teman bilang kesulitan mencari Kitab Insan Kamil Sheikh Abdul Karim al Jili yang Asli (tanpa terjemah). Teman saya sebenarnya sudah memiliki kitab tersebut tapi yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Menurut Teman saya, Kitab tersebut sebenarnya bukan kitab yang umum dijual karena berisi pelajaran-pelajaran yang mengupas ilmu Tasawuf dengan terlalu Gamblang.

Karena penasaran saya mengutip sedikit penjelasan tentang kitab Insan Kamil dari teman saya :



"...
Jikalau inti [dzat] Al Haq termanifestasikan kepada salah satu dari hambaNya dengan sifat dari sifat-sifatNya, sebutan dan ingatan hamba tersebut selalu beredar di-falak sifatNya dengan cara Kulli [universal] dan bukan dengan cara juz’i [partular]. Kedua sifat [kulli dan juz’i] itu tidak akan mungkin dipisahkan dari diri para hamba, melainkan dengan cara global. Jika seorang hamba memujikan salah satu namaNya dan menyempurnakannya dengan harapan global, maka ia akan dapat menduduki singgasana Arsy sifat tersebut, dan ia akan disifati dengan sifatNya.
Ketika hamba itu menerima sifatNya yang lain, demikian seterusnya hingga ia dapat mewadahi nama-nama Al Haq dalam dirinya, sehingga sifat-sifatNya benar-benar sempurna dalam diri hamba tersebut. Kemudian ketahuilah manakala Al Haq hendak memanifestasikan DiriNya dengan nama-nama atau sifat-sifatNya kepada salah satu hambaNya, Dia akan mensirnakan diri hamba tersebut fana’ bersama Diri Nya, Dia leburkan eksistensi [wujud] hamba itu dalam kesirnaan bersamaNya
Manakala cahaya kehambaan telah padam, dan ruh kemakhlukan telah sirna [fana’], Al Haq akan mencitrakan DiriNya pada struktur kemanusiaan hamba tersebut, tanpa Hulul [pantaisme], inti [dzat]-Nya tidak menempati jisim [tubuh] hamba itu, kasih kelembutan-Nya tidak terpisahkan dari hamba tersebut. Dia juga tidak tersambungkan dengan hamba-Nya yang lain sebagai ganti atas peleburan dan kesirnaan struktur jisim hamba-Nya. Sebab manifestasi-Nya, kepada para hamba-Nya adalah semata-mata karena kasih Fadhal [keutamaan] dan kasih Al Juud [kepemurahan] Al Haq kepada para hambaNya. Jika para hamba itu difana’kan, lalu Dia tidak mengganti kefana’an mereka dengan kasih keutamaan dan kepemurahanNya, maka kesirnaan seperti itu adalah Niqmah [bencana]. Kasih kelembutan itu sejatinya adalah ruh Al Quddus [ruh suci]. Manakala Al Haq menegakkan kasih kelembutan dari inti [dzat]-Nya, sebagai ganti atas kefana’an hambaNya, maka manifestasi kelembutan kasih tersebut merupakan esensi tajalli DiriNya. Hanya saja kita menamakan kasih kelembutan Ilahiyah dalam dimensi ini dengan sebutan al Abd’ [hamba], dengan I’tibar ia [kelembutan kasih ini] merupakan ganti atas hamba, sebab jika tidak demikian, maka tidak akan ada hamba atau Rabb. Semantis logikanya, jika tidak ada Al Marbuub [yang diatur] maka tidak ada Rabb [pengatur], yang ada hanyalah Allah semata, Tuhan Yang Maha Esa. . . . "
Dari kutipan tersebut sepertinya isi dari kitab Insan Kamil tidak boleh dipelajari tanpa adanya seorang Guru yang betul-betul memahami Tasawuf dan kitab Insan Kamil..
Saya mencoba mencari kitab tersebut untuk teman saya, dan akhirnya dapat juga dari web 4shared.
Cara Mendapatkan kitab Insan Kamil - Syeikh Abdul karim Al Jili
1. masuklah ke www.4shared.com
2. ketik judul Al Insan Al Kamil - Syeikh Abdul karim Al Jili di entri pencarian halaman 4shared
3. lalu download.

13 komentar:

  1. terima kasih atas rekomendasinya.....kalau boleh di kasih saran ,,, siapa gerangan orang pangkalanbun yang dengan ikhlas mau mengajarkan hal ini....
    Salam tawajuh mutlaq
    By yaskur

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam ta'dzim gasan pian, kaina ai kita bakumpulan lagi

      Hapus
  2. semoga allah ta'la melimpahkan karunia dan kasih sayangnya pada kita semua, dan kita selalu dalam perlindungan hidayahnya pada siratal mustaqim.

    BalasHapus
  3. Amin amin Yaa Robbal'alamin, kaya apa habar dingsanak

    BalasHapus
  4. assalamu'alaikum... klo mw download yang terjemahannya apa ya alamatnya???

    BalasHapus
  5. saya sangat mengharapkan untuk mendapatkan kitab ini tapi sy tidak tau cara pesannya dan kepada siapa sy membelinya

    BalasHapus
  6. untuk terjemahan kitab tersebut di mana bisa kita downlod ya....? trimakasih atas info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada beredar terjemah dlm bahasa indonesia, tersedia ditoko2 buku

      Hapus
  7. Adakah kitab itu ? Payah untuk akses.Kenapa tidak diperturunkan di sinidemi percambahan ilmu dan menghubungkan manusia dengan pencipta

    BalasHapus
  8. Insya allah masih ada dan masih menjadi pegangan para guru mursyid

    BalasHapus
  9. Ini salah satu Kitab rujukan belajar Ilmu Tauhid. Anda bisa belajar di salah satu tarekat. Setahu saya yang detil mempelajari Hakikat Diri secara tuntas dan cerdas adalah Tarekat Syatariyah. Untuk Anda yang berdomisili di Provinsi Bengkulu, cuma ada satu tempat yang mengajarkan Ilmu Tauhid yakni di Kota Curup: Nama Musholahnya adalah Istiqomah, di Kel. Kepala Siring.

    BalasHapus